TUGAS BAHASA INDONESIA KELAS 8
TUGAS BAHASA
INDONESIA
KELAS 8
NAMA SISWA: ………………………………………..
(SILAKAN DIISI)
JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT
DENGAN TEPAT!
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat.
1. Bacalah paragraf-paragraf berikut dengan cermat!
(1) Buah Mangga Indramayu (Mangifera indica) atau mangga cengkir
sudah sangat dikenal masyarakat luas. Mangga ini diberi nama sesuai sesuai
dengan daerah asalnya, yaitu Indramayu. Ukuran buahnya cukup besar dengan
daging buah yang tebal. Rasanya yang manis dan juga segar membuat buah mangga
Indramayu menjadi populer dan juga disukai oleh banyak orang.
(2) Hujan terbentuk melalui beberapa tahapan. Pembentukan hujan
diawali dengan proses penguapan air oleh sinar matahari. Matahari yang
menyinari bumi dapat menimbulkan efek panas sehingga menyebabkan air danau,
sungai, dan laut menguap ke udara.
(3) Ada yang menarik dari Film ini, penuh dengan momen menyentuh
dengan chemistry kuat antarpara pemainnya, Warga Baru merupakan film pendek
yang berkualitas diangkat dari kisah nyata. Kisah para warga tahanan Polres
Indramayu. Namun lebih dari itu, film ini juga merupakan film yang sarat pesan
dan mencerahkan. Dibalur dalam sempal guyon mazhab humor orang Indramayu.
(4) Film 5cm adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 12
Desember 2012. Film ini merupakan film yang diadaptasi dari sebuah novel dengan
judul yang sama dari salah satu karya novelis muda Indonesia Donny Dhirgantoro.
Film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini diperankan oleh Fedi Nuril
sebagai Genta, Denny Sumargo sebagai Arial, Raline Shah sebagai Riani, Igor
Saykoji sebagai Ian, Herjunot Ali sebagai Zafran, dan Pevita Pearce sebagai
Adinda.
Paragraf yang termasuk teks ulasan adalah ....
A. (1) B. (2)
C. (3) D. (4)
Bacalah teks ulasan berikut ini dengan cermat untuk menjawab
soal nomor 2, 3, dan 4!
Film Dilan 1990 merupakan sebuah film yang sangat identik dengan
kehidupan remaja pada saat itu. Mulai dari pacaran, tawuran, hingga konflik
yang terjadi sesama teman. Film ini sukses membuat para penonton terbawa
perasaan, terutama para wanita. Dilan menampilkan sosok lelaki yang sangat
diidam-idamkan oleh para wanita. Latar film Dilan ini juga sesuai dengan
judulnya tahun 1990. Demikian, properti yang digunakan dalam film ini juga
tidak jauh berbeda dari tahun 90-an.
Sayangnya, film ini tidak menggambarkan suasana 1990–an secara
keseluruhan. film Dilan 1990 ini merupakan film bagian pertama yang akan ada
kelanjutan filmnya. Sehingga, bisa dibilang akhir dari film Dilan 1990 ini
dinilai “nanggung”, tetapi cukup membuat penasaran banyak orang. film ini tidak
hanya berpengaruh untuk kalangan remaja, tetapi orang yang sudah dewasa juga
sangat antusias untuk menontonnya karena teringat kenangan di masa muda
tepatnya tahun 1990-an.
2. Objek dalam teks ulasan di atas adalah ....
A. Teks ulasan film, berisi penilaian mengenai keunggulan dan
kelemahan film disertai alasan pendukung yang berkaitan dengan bidang
perfilman.
B. Teks ulasan film, berisi kesimpulan isi film disertai
keunggulan dan kelemahan film.
C. Teks ulasan film, berisi penilaian mengenai keunggulan dan
kelemahan film, berupa buku nonfiksi dilengkapi dengan alasan pendukung
D. Teks ulasan film, berisi gambaran umum mengenai tokoh tokoh
pemeran disertai alasan pendukung yang berkaitan dengan proses penciptaan karya
sastra.
3. Kalimat yang menyatakan kekurangan karya berdasarkan kutipan
teks ulasan di atas adalah….
A. Tema yang diangkat adalah tema umum
B. Film ini berlatar belakang kehidupan remaja tahun
1990-an
C. Film ini tidak menggambarkan suasana tahun 1990-an secara
keseluruhan
D. Penggambaran tokoh acap kali berubah-ubah
4. Keunggulan karya yang diapresiasi penulis dalam teks ulasan
di atas adalah ....
A. tema, penokohan C.
kemasan cerita, tema
B. kemasan cerita, gaya bahasa
D. tema, perjuangan hidup
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6!
(1) Cerita pendek ini disajikan dengan bahasa sehari-hari
sehingga mudah dipahami para pembaca (2) Cerpen ini juga menjadi sebuah
motivasi yang luar biasa serta menjadi panutan dalam kehidupan. (3) Dengan
kemasan yang apik, sang penulis memberi nasihat-nasihat yang baik bagi para
pembaca terutama kalangan anak muda. (4) Namun, alurnya mudah ditebak dan sosok
tokoh ayah dalam cerpen “Nasihat Untuk Anakku” karya Motinggo Busye ini tidak
digambarkan jelas.
5. Pernyataan yang menunjukan kekurangan buku ditandai dengan
kalimat bernomor ....
A. (1) B. (2) C. (3)
D. (4)
6. Bagian struktur dari teks ulasan di atas adalah ....
A. orientasi C.
penafsiran
B. sinopsis D.
kesimpulan
7. Cermati teks ulasan berikut!
(1) Rindu, karya sastra dari penulis besar, Darwis Tere Liye.
(2) Novel Rindu ini diterbitkan pada tahun 2014. (3) Di dalamnya menceritakan
tentang perjalanan panjang sebuah kerinduan. (4) Perjalanan kerinduan yang
banyak menimbun beban di hati. (5) Mulai dari bagaimana ia menempuh perjalanan
dengan dosa yang tak terhitung di masa lalu. (6) Kemudian seseorang yang
menempuh perjalanannya dengan penuh kebencian. (7) Sebuah perjalanan yang
disebabkan karena dia yang kehilangan cintanya. (8) Latar waktu pada novel
menceritakan pada masa pemerintah Hindia Belanda, yaitu saat Belanda masih
menjajah Indonesia.
Bagian orientasi pada teks ulasan di atas ditandai dengan nomor
….
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. ( 5) dan 6 D. (7 ) dan (8)
8. Keluarga Cemara versi layar lebar menempatkan diri sebagai
prekuel. Di layar kaca, Abah (Adi Kurdi) dan Emak (Lia Waroka) digambarkan
hidup sederhana. Di film dijelaskan, dulu Abah (Ringgo) orang kaya. Ia
mengembangkan bisnis properti dan tinggal di sebuah klaster dengan Emak
(Nirina), Euis (Zara), dan Ara (Widuri). Musibah datang pada hari ulang tahun
Euis.
Kutipan novel tersebut menunjukan bagian ….
A. gambaran umum B. sinopsis
C.
kesimpulan D. penafsiran
9. Sang Pemimpi masih trilogi dari novel Laskar Pelangi, karya
Andre Hirata. Novel ini mengusung tema persahabatan dan perjuangan dalam
mengarungi kehidupan serta kepercayaan terhadap kekuatan sebuah mimpi. Dalam
novelnya menceritakan tentang sebuah kehidupan tiga orang anak Melayu Belitong,
yaitu Arai, Ikal, dan Jimbron yang penuh dengan perjuangan, tantangan, dan
lika-liku kehidupan yang memesona. Kisah tokoh tokoh tersebut akan membuat kita
yakin adanya kekuatan cinta, percaya pada kekuatan mimpi, dan kekuasaan Allah
SWT.
Kalimat yang menggunakan konjungsi penerang dalam teks ulasan di
atas adalah ....
A. Sang Pemimpi masih trilogi dari novel Laskar Pelangi, dari
Andre Hirata.
B. Novel ini mengusung tema persahabatan dan perjuangan dalam
mengarungi kehidupan serta kepercayaan terhadap kekuatan sebuah mimpi.
C. Dalam novelnya menceritakan tentang sebuah kehidupan tiga
orang anak Melayu Belitong, yaitu Arai, Ikal, dan Jimbron yang penuh dengan
perjuangan, tantangan, dan lika-liku kehidupan yang memesona.
D. Kisah tokoh tokoh tersebut akan membuat kita yakin
adanya kekuatan cinta, percaya
pada kekuatan mimpi, dan kekuasaan Allah SWT.
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan 11!
(1) Cerpen dengan judul “Aku, Ibu, dan Takdir” ditulis oleh Bahtari
Anugerah. (2) Cerpen dengan tema kekeluargaan dan sosial ini dipublikasikan
pada tahun 2015.(3) Cerpen ini mengisahkan tentang kerasnya kehidupan yang
harus dilalui seorang gadis belia. (4) Ia bernama Bella, seorang gadis yang
terpisah dengan Ibu kandungnya. (5) Bella gadis belia yang kini duduk di bangku
SMA, sejak bayi ia dititipkan kepada nenek tua ini. (6) Cerpen ini cocok
untuk semua umur terutama kaum remaja karena banyak mengandung amanat.
10. Penggunaan konjungsi temporal terdapat pada kalimat
nomor…
A. (1) B.
(2) C. (4)
D (5)
11. Kalimat saran membaca pada teks ulasan di atas ditandai
dengan nomor ….
A. (2) B.
(3)
C. (5)
D. (6)
12. Paragraf di bawah ini yang merupakan teks persuasi adalah….
A. Tari topeng Indramayu adalah jenis kesenian tradisional
berupa gerakan berirama yang dikenal oleh masyarakat Indramayu. Dari pengertian
tersebut dapat kita ketahui bahwa kata pengikut yakni “Indramayu” termasuk nama
daerah dimana jenis tarian tersebut dikenal. Hal ini dapat dikatakan karena
jika kita menilik lebih jauh terkait dengan kesenian tari dengan menggunakan
topeng sebagai properti utamanya maka kita akan mendapati tarian ini juga
dikenal di daerah lain seperti Cirebon, Betawi, Malang, dan Jawa Timur.
B. Sepanjang abad 20 dan 21, gempa telah mengakibatkan banyak
kematian dan kerugian material yang sangat besar. Oleh karena itu, dapat
dikatakan bahwa tak pernah ada peristiwa alam lain dalam sejarah yang
berpengaruh langsung pada manusia, selain gempa bumi. Bencana gempa bumi telah
menjadi peristiwa yang sangat ditakuti.
C. Menyantap mi instan yang dibarengi nasi putih merupakan hal
lazim yang biasa dilakukan oleh masyarakat kita. Padahal tahukah Anda bahwa
kebiasaan tersebut dapat menimbulkan dampak negatif untuk tubuh? Perlu Anda
ketahui bahwa mengkonsumsi mi instan yang dibarengi atau dicampur dengan nasi
putih akan dapat mengakibatkan obesitas.
D. Adakah kata-kata sehat yang keluar dari mulut orang gila? Ini
pertanyaan sederhana. Namun, layaknya pertanyaan sederhana, yang ini pun
membutuhkan jawaban yang rumit. Celakanya, jawaban dari pertanyaan inilah yang
akan menentukan persepsi penonton terhadap Beth, film terbaru garapan sutradara
muda Aria Kusumadewa.
13. Bacalah teks berikut!
Saat ini masih banyak dari guru dan orang tua murid yang tidak
sabar dalam mendidik anak. Padahal, dalam mendidik anak kesabaran sangatlah
diperlukan. Seperti yang telah diutarakan oleh salah satu filsuf legendaris
Yunani yaitu Plato, bahwa pendidikan merupakan proses yang panjang dan dijalani
seumur hidup sejak manusia itu masih kecil hingga manusia beranjak dewasa.
Berdasarkan pada kutipan teks persuasi di atas, ajakan yang
ingin disampaikan penulis pada pembaca adalah….
A. Penulis mengajak guru dan orang tua untuk berorientasi pada
proses perkembangan Anak
B. Penulis mengajak guru dan orang tua untuk sabar dalam
mendidik anak
C. Penulis mengajak semua pihak untuk belajar mulai dari kecil
hingga beranjak dewasa
D. Penulis mengajak pembaca untuk menauladani filsuf legendaris
Plato
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 14, 15, dan 16!
(1) Sebagian orang tidak terbiasa makan di pagi hari dengan
alasan belum lapar, buru buru berangkat kerja atau sekolah dan lain lain. (2)
Padahal sarapan merupakan hal yang paling penting saat kita akan memulai
kegiatan di pagi hari. (3) Tubuh yang kekurangan asupan makanan di pagi hari
maka akan kekurangan tenaga di siang hari saat melakukan aktivitas. (4) Namun,
kita juga harus memperhatikan porsi sarapan, usahakan porsi makanan tidak
banyak agar tidak menimbulkan kantuk saat beraktivitas. (5) Jadi, sarapan pagi
secukupnya saja yang penting perut tidak kosong sehingga memiliki tenaga yang
cukup untuk beraktivitas.
14. Simpulan yang tepat berdasarkan teks persuasi di atas
adalah…
A. Sebagian orang menganggap sarapan pagi bukan hal yang penting
dilakukan
B. Membiasakan sarapan pagi yang cukup akan membuat tubuh
memiliki kecukupan energi untuk melakukan berbagai aktivitas.
C. Tubuh yang kekurangan asupan makanan akan kekurangan tenaga
di siang hari saat melakukan aktivitas.
D. Sarapan adalah hal yang paling penting dilakukan sebelum
berangkat kerja atau Sekolah.
15. Pernyataan penulis yang sesuai dengan kutipan teks persuasi
di atas adalah…
A. Sarapan pagi akan membuat tubuh kita bugar, aktivitas lancar,
dan mudah meraih prestasi
B. Jika kita tidak sarapan pagi tubuh pasti menjadi lemas
dan kita menjadi malas untuk melakukan aktivitas pada siang hari.
C. Buru buru berangkat kerja atau sekolah menjadi alasan
seseorang tidak sempat sarapan pagi.
D. Masyarakat wajib sarapan pagi sebelum melakukan aktivitas
apapun sehingga produktivitas kerja tidak terganggu.
16. Fakta yang mendukung argumen penulis dalam teks persuasi di
atas ditandai dengan nomor….
A. (1) dan (3) B.
(3) dan (5) C. (2) dan (4) D. (1) dan (4)
Cermati kalimat-kalimat di bawah ini untuk menjawab soal nomor
17 s.d. 20!
(1) Bahan-bahan alami yang menjadi bahan pembuatan Sear Soap ini
meliputi minyak zaitun, tanah liat, air, minyak kelapa nonsawit, serta mentega.
Bahan-bahan tersebut dipilih yang berkualitas baik.
(2) Jadi, mulai sekarang lebih baik anda beralih ke sabun
konvensional ini yang tentunya ramah lingkungan dan mampu membunuh kuman-kuman
atau bakteri yang menempel di tubuh anda sehingga anda bisa lebih sehat dan
bersih.
(3) Bahan-bahan tersebut dipilih yang berkualitas baik dan tidak
mengandung zat kimia apapun sehingga tidak memiliki faktor risiko terhadap
tubuh anda maupun untuk lingkungan anda.
(4) Sear Soap ini salah satu produk asli Indonesia yang
memiliki harga cukup terjangkau.
(5) Sear Soap merupakan salah satu merk sabun terbaru yang
terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak menggunakan zat kimia yang berbahaya,
17. Perbaikan urutan kalimat yang tepat agar menjadi
teks persuasi yang padu adalah….
A. (2) , (1), (3), (5), (4)
C. (2), (1), (5), (4), (3)
B. (5), (1), (3), (2), (4) D. (1), (2), (5), (3), (4)
18. Kalimat nomor (2) pada kutipan teks persuasi di atas
termasuk bagian…
A. Penegasan ulasan karena kalimat tersebut berisi ungkapan yang
meyakinkan kembali pembaca untuk menggunakan Sear Soap.
B. Pengenalan isu karena kalimat tersebut berisi pengantar atau
penyampaian masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraan.
C. Rangkaian argumen karena kalimat tersebut berisi sejumlah
fakta yang mendukung pendapat tentang manfaat Sear Soap.
D. Rekomendasi karena kalimat tersebut berisi ajakan pada
pembaca untuk menggunakan Sear Soap.
19. Istilah kesehatan yang digunakan pada kutipan teks persuasi
di atas adalah….
A. Sear Soap B. faktor
risiko C. lingkungan D. kuman
20. Kalimat yang menggunakan konjungsi kausalitas pada kutipan
teks persuasi di atas adalah….
A. Bahan-bahan alami yang menjadi bahan pembuatan Sear Soap ini
meliputi minyak zaitun, tanah liat, air, minyak kelapa nonsawit, serta
mentega.
B. Jadi, mulai sekarang lebih baik Anda beralih ke sabun
konvensional ini yang tentunya ramah lingkungan dan mampu membunuh kuman-kuman
atau bakteri yang menempel di tubuh.
C. Sear Soap merupakan salah satu merk sabun terbaru yang
terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak menggunakan zat kimia yang berbahaya.
D. Bahan-bahan tersebut dipilih yang berkualitas baik dan tidak
mengandung zat kimia apapun sehingga tidak memiliki faktor risiko terhadap
tubuh Anda.
21. Bacalah teks berikut!
(1) Salah satu penyebab lingkungan tercemar adalah kurangnya
kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. (2) Limbah rumah
tangga yang jumlahnya selalu bertambah setiap hari juga merupakan masalah
serius yang seharusnya dipecahkan bersama. (3) Tentunya hal ini membutuhkan
kesadaran dari setiap individu mengenai kebersihan dan menjaga lingkungan.
Kalimat ajakan yang tepat berdasarkan kutipan teks persuasi di
atas adalah…
A. Ayo, kita pecahkan masalah limbah rumah tangga dan kebersihan
lingkungan.
B. Mari, kita kurangi pencemaran lingkungan dengan membuang
sampah pada tempatnya.
C. Seharusnya kita menjaga lingkungan dengan cara membuang
sampah pada tempatnya.
D. Sebaiknya kita menumbuhkan kesadaran diri untuk menjaga lingkungan
dari limbah rumah tangga.
Cermati teks drama berikut untuk menjawab soal nomor 22 s.d 24!
(1) Mayor : Berapa lama lagi aku harus menunggu?
Lihat semburat matahari sudah terlihat (sambil menggebrak meja)
(2) Kopral : Sabarlah sedikit, Pak.
(3) Mayor : Jangan ditawar lagi.
(4) Kopral : Apanya, Pak?
(5) Mayor : Kesabarannya! Sejak kemarin kesabaran saya
habis. Sabar itu prinsip. Tidak bisa ditawar-tawar, ngerti?
(6) Kopral : Kalau begitu kuralat ucapanku tadi.
(7) Mayor : Ya, tapi pertanyaanku belum Bung jawab. Berapa
lama lagi? Semburat matahari sudah terlihat tu!
22. Latar disertai bukti nomor pada kutipan drama tersebut
adalah ....
A. siang hari bukti pada dialog nomor (7)
B. menjelang maghrib bukti pada dialog nomor (5)
C. pagi hari bukti dialog pada nomor (7)
D. sore hari bukti pada dialog nomor (1)
23. Dialog pada kutipan teks drama di atas yang berisi kramagung
ditandai dengan nomor…
A. (1) B. (4) C. (3)
D. (5)
24. Amanat yang tepat sesuai dengan kutipan teks drama di atas
adalah ….
A. Kemarahan bukanlah cara penyelesaian masalah yang bijak
B. Seorang bawahan tidak sepatutnya melawan atasan sekalipun
untuk membela kebenaran
C. Kita harus lebih banyak bersabar menghadapi apapun
D. Kita harus mengikuti keinginan atasan kita walaupun kita
tidak sejalan dengannya.
Perhatikan ilustrasi drama berikut!
(1) Jo : Hey, jalan yang bener dong! (keluar dari
mobil)
Yuda : (tampak terkejut dan menguasai diri) Maaf Pak.
(2) Jo : (melotot) maaf, maaf!
Bapak : Sudahlah Jo, dia sudah minta maaf kok, lagi pula
ayah buru-buru nanti terlambat ke kantor (cepat menyusul keluar dari mobil).
(3) Jo : Tidak bisa, dia harus diberi pelajaran! (nyaris
melayangkan tinju).
Bapak : Sabar Jo, (melihat kasihan pada Yuda) Kau pergilah
Nak!
Yuda : Terima kasih Pak!
Bapak : Hey, apa yang kau Bawa, Nak? (heran) Kamu jual
lukisan?
Yuda : Iya Pak, ini lukisan kaca.
Bapak : Sungguh baru kali ini aku melihat lukisan kaca,
biasanya saya di rumah memajang lukisan kanvas, lukisan kertas, lukisan bulu
dan lain lain. Tapi, lukisan ini? Ah ya berapa kamu menjual ini?
Yuda : Yang mana Pak?
Bapak : Semuanya, Ah, sudah jangan bingung, gini aja
gimana kalau lukisan itu saya beli lima juta rupiah.
Yuda : Apa? Lima juta!
Bapak : Apa kurang?
Yuda : Cu….kup Pak
25. Watak Yuda disertai bukti yang tepat pada kutipan drama di
atas adalah ….
A. Penakut, buktinya dia tidak berani membalas kekasaran Jo yang
hampir memukulnya.
B. Bertanggung jawab, buktinya dia tidak malu untuk meminta maaf
pada Jo atas kesalahannya.
C. Pencinta seni, buktinya ia rela menjual lukisan di pinggir
jalan.
D. Rendah diri, buktinya ia gugup saat lukisannya ditawar lima
juta oleh Bapak.
Bacalah kutipan teks drama berikut untuk menjawab soal nomor 26,
27, 28, 29, dan 30!
(1) Para pelaku:
Jidul : Anak laki laki berusia 15 tahun
Pak Pikun : Pembantu rumah tangga berumur 40 tahun
Ibu : Nyonya rumah berumur sekitar 40 tahun
Tritis : Gadis 18 tahun
(2) Kisah ini terjadi di sebuah ruang tamu keluarga yang cukup
terpandang. Terdapat berbagai perlengkapan yang lazim di ruang tamu, tetapi
yang terpenting ialah seperangkat meja dan kursi tamu. Dengan penuh keriangan,
Si Jidul membersihkan meja dan kursi kursi.
(3) Pak Pikun : (muncul langsung menuju ke arah Jidul) Ayo!
Mana!
Berikan kembali padaku! Ayo! Mana!
Jidul : (ber -ah uh, sambil memberikan isyarat
ketidakmengertiannya)
Pak Pikun : Jangan berlagak bodoh! Siapa lagi yang mengambilnya
kalau bukan kamu! Ayo Jidul kamu sembunyikan di mana, heh?
Jidul : (ber-ah uh semakin bingung dan takut )
Ibu : (muncul tergesa-gesa) Eh, ada apa Pak Pikun? Ada apa
dengan Jidul?
Pak Pikun : Anak ini tidak bisa dikasihani Bu! Dia mencuri lagi.
Arlojiku hilang!
Ibu : Mencuri arloji?
Kamu mencuri Jidul?
Jidul : (sambil ber-ah uh menggoyang goyangkan kepala dan
tangannya)
Pak Pikun : Mungkir, ya! Padahal jelas Bu! Tadi saya mandi.
Setelah itu, arloji saya tertinggal di kamar mandi, lalu dia masuk, entah
mengapa. Lalu tiba tiba arloji saya hilang (tangannya menunjuk Jidul).
Ibu : (melihat tangan Pak Pikun) O, arloji Pak
Pikun hilang begitu? Lalu arloji yang Pak
Pikun pakai di
pergelangan tangan kanan itu punya siapa? (tertawa)
Tritis : (Muncul dan langsung ikut tertawa) Lain waktu jangan
main tuduh saja Pak!
(4) Pak Pikun tertegun memandang pergelangan tangan kanannya.
Dilepaskannya Si Jidul. Dengan sangat malu, ia berjalan tertegun tegun. Si
Jidul pun tertawa dengan caranya sendiri.
26. Bagian prolog pada kutipan drama di atas ditandai dengan
nomor ….
A. (1) B. (2) C. (3)
D. (4)
27. Dialog yang menunjukan bagian resolusi pada teks drama di
atas adalah…
A. Jidul : (ber-ah uh semakin bingung dan takut)
B. Pak Pikun : Anak ini tidak bisa dikasihani Bu!
Dia mencuri lagi. Arlojiku hilang.
C. Ibu : (melihat tangan Pak Pikun) O, arloji Pak
Pikun hilang begitu? Lalu arloji yang Pak Pikun pakai di pergelangan tangan
kanan itu punya siapa? (tertawa)
D. Tritis : (Muncul dan langsung ikut tertawa) lain waktu
jangan main tuduh saja Pak!)
28. Dialog yang menggunakan kalimat perintah pada kutipan
drama di atas adalah ….
A. Pak Pikun : Jangan berlagak bodoh!
Siapa lagi yang mengambilnya kalau kamu! Ayo!
B. Pak Pikun : Anak ini tidak bisa
dikasihani Bu ! Dia mencuri lagi. Arlojiku hilang!
C. Pak Pikun : (muncul langsung menuju
ke arah Jidul) Ayo! Mana! Berikan kembali padaku! Ayo! Mana!
D. Trittis :
(Muncul dan langsung ikut tertawa) lain waktu jangan main tuduh saja Pak!
29. Kata sifat yang digunakan berdasarkan kutipan drama di
atas adalah…
A. bodoh B.
hilang C. mungkir D. tertegun
30. Dialog pada kutipan teks drama di atas yang hanya
berisi wawacang adalah….
A. Ibu : Mencuri arloji? Kamu mencuri Jidul?
B. Jidul : (sambil ber-ah uh menggoyang goyangkan
kepala dan tangannya)
C. Ibu : (muncul tergesa-gesa) Eh, ada apa Pak Pikun? Ada
apa dengan Jidul?
D. Tritis : (Muncul dan langsung ikut tertawa) lain waktu jangan
main tuduh saja Pak!
SILAKAN TULISKAN JAWABAN DI BAWAH!
1.
…
11. … 21. …
2.
… 12.
… 22. …
3.
… 13.
… 23.
…
4.
… 14.
… 24.
…
5.
… 15.
… 25.
…
6.
… 16.
… 26.
…
7.
… 17.
… 27.
…
8.
… 18. … 28.
…
9.
… 19. … 29.
…
10.
… 20.
… 30.
…
Comments
Post a Comment