TUGAS BAHASA INDONESIA KELAS 7
TUGAS BAHASA
INDONESIA
KELAS 7
NAMA SISWA: ………………………………………..
(SILAKAN DIISI)
JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT
DENGAN TEPAT!
1.
Cermati teks berikut!
2. Cermati teks berikut!
(1) Jika kita makan petai
Jangan lupa makan kerupuk
Jika kita ingin pandai
Ranjin-rajinlah membaca buku
(2) Siapa menggemari silang sengketa
Kelaknya pasti berduka cita
(3) Janganlah engkau berbuat maksiat
Janganlah engkau berbuat jahat
Segeralah engkau bertaubat
Agar selamat dunia akhirat
(4) Barang sipa meninggalkan zakat
Tiadalah hartanya yang beroleh berkat
Puisi yang termasuk gurindam ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
3. Cermati teks
berikut!
(1) Burung dara jatuh
dari sarangnya
(2) Ikan lele tak
punya sisik
(3) Jika kau tulus
mencintainya
(4) Jagalah dia dengan
baik
Larik isi pada pantun
tersebut ditandai nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (1)
4. Cermati teks
berikut!
5. Cermati teks
berikut!
Persamaan kedua puisi
rakyat tersebut adalah keduanya memiliki ....
A. sajak berpola
A-A-A-A
B. empat larik dalam
satu bait
C. larik yang semuanya
merupakan isi
D. dua sampiran dalam
satu bait
Cermati teks berikut
untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!
Lelah diri mengikuti
syahwat
Jalani hidup semakin
berat
Jiwa semakin tak
terawat
Kian hari hati pun
berkarat
6. Kata berima pada
syair tersebut adalah ....
A. lelah, mengikuti,
hidup, syahwat
B. kian, semakin,
berkarat, berat
C. jalani, semakin,
terawat, hati
D. syahwat, berat,
terawat, bekarat
7. Makna kata bergaris
bawah pada syair tersebut adalah ....
A. tak terkendali
B. baik hati
C. mudah tersentuh
D. menjadi luluh
Cermati teks berikut
untuk menjawab soal nomor 8 dan 9!
(1) Hari minggu pergi
ke pasar
(2) Beli sayur dan
juga beras
(3) Tiap hari rajinlah
kau belajar
(4) Pastilah kau
menjadi cerdas
8. Pernyataan tepat
sesuai dengan struktur makna antarlarik pantun tersebut adalah ....
A. Larik 1 dan 2
dengan larik 3 dan 4 tidak ada hubungan makna.
B. Larik 1 dan 2
memiliki hubungan pertentangan.
C. Larik 3 dan 4
mengungkapkan sebuah permohonan.
D. Larik 4 dan 1
merupakan kalimat majemuk.
9. Kalimat berisi
ajakan pada syair tersebut terdapat pada larik bernomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
10. Cermati teks
berikut!
Orang jahat banyak
masalah
Orang baik banyak
anugerah
Struktur makna
antarlarik gurindam tersebut adalah ....
A. kedua larik tidak
memiliki hubungan makna
B. larik 1 merupakan
pengantar menuju larik 2
C. kedua larik
memiliki hubungan pertentangan
D. larik 1 merupakan
syarat menuju larik 2
Cermati teks berikut
untuk menjawab pertanyaan soal nomor 11 dan 12!
(1) Meski sudah uzur,
Rahman masih gesit dan cekatan.
(2) Aktivitas lelaki
ini memang sangat luar bisa.
(3) Begitu bangun
pagi, ia sudah memikul cangkul menuju sawahnya
(4) Ia harus
mengayunkan cangkulnya untuk membongkar tanah yang mengeras.
11. Kalimat yang
berisi kata penghubung tujuan ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
12. Kalimat tunggal
pada teks tersebut adalah ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Cermati teks berikut
untuk menjawab soal nomor 13, 14, dan 15!
Pada suatu hari si
Rusa berjalan-jalan di pinggir danau. Ia bertemu dengan Kura-kura yang terlihat
hanya mondar-mandir saja.
"Kura-kura, apa
yang sedang engkau lakukan di sini?" tanya si Rusa.
"Aku sedang
mencari sumber penghidupan," jawab si Kura-kura.
"Jangan berlagak
engkau, hei Kura-kura! Engkau hanya mondar-mandir saja namun berlagak tengah
mencari sumber penghidupan!"
Si Kura-kura berusaha
menjelaskan, namun si Rusa tetap marah. Bahkan, si Rusa mengancam akan
menginjak tubuh si Kura-kura. Si Kura-kura yang jengkel akhirnya menantang
untuk mengadu kekuatan betis kaki.
Si Rusa sangat marah
mendengar tantangan si Kura-kura untuk mengadu betis. Ia pun meminta agar si
Kura-kura menendang betisnya terlebih dahulu.
"Tendanglah
sekeras-kerasnya, semampu yang engkau bisa lakukan!" tantang si Rusa.
"Jika aku
menendang betismu, engkau akan jatuh dan tidak bisa membalas menendangku,"
balas si Kura-kura.
Si Rusa kian marah
mendengar ucapan si Kura-kura. Ia pun menendang dengan kaki depannya
sekuat-kuatnya.
....
Si kura-kura bersiaga
dan mengambil ancang-ancang di tempat tinggi. Ia lalu menggelindingkan
tubuhnya. Ketika hampir tiba di dekat tubuh si Rusa, ia pun menaikkan tubuhnya
hingga tubuhnya melayang. Si Kura-kura mengincar hidung si rusa. Begitu
kerasnya tempurung si kura-kura mengena hingga hidung si Rusa putus.
13.Alasan yang tepat
bahwa teks tersebut termasuk fabel adalah ....
A. berlatar tempat
perkotaan
B. tidak menggunakan
kalimat langsung
C. tokoh-tokohnya
merupakan binatang
D. hanya bertujuan menghibur
pembaca
14.Peristiwa yang
menunjukkan konflik pada kutipan fabel tersebut adalah ...
A. Si Rusa dan si
Kura-kura terlibat pertarungan mengadu betis.
B. Si Rusa marah
karena tersinggung dengan jawaban si Kura-kura.
C. Si Kura-kura tidak
mau melayani tantangan si Rusa.
D. Si Kura-kura
berhasil mematahkan hidung si Rusa.
15. Peristiwa yang
menunjukkan penyebab terjadi konflik pada kutipan fabel tersebut adalah ...
A. Si Rusa dan si
Kura-kura terlibat pertarungan mengadu betis.
B. Si Rusa marah
karena tersinggung dengan jawaban si Kura-kura.
C. Si Kura-kura tidak
mau melayani tantangan si Rusa.
D. Si Kura-kura
berhasil mematahkan hidung si Rusa.
16. Peristiwa yang
menunjukkan akibat terjadi konflik pada kutipan fabel tersebut adalah ...
A. Si Rusa dan si
Kura-kura terlibat pertarungan mengadu betis.
B. Si Rusa marah
karena tersinggung dengan jawaban si Kura-kura.
C. Si Kura-kura tidak
mau melayani tantangan si Rusa.
D. Si Kura-kura
berhasil mematahkan hidung si Rusa.
Cermati bacaan berikut
untuk menjawab soal nomor 17, 18, dan 19!
Singa dan Seekor Tikus
Seekor singa sedang
tidur dengan lelap di dalam hutan, dengan kepalanya yang besar bersandar pada
telapak kakinya. Seekor tikus kecil secara tidak sengaja berjalan di dekatnya,
dan setelah tikus itu sadar bahwa dia berjalan di depan seekor singa yang
tertidur, sang Tikus menjadi ketakutan dan berlari dengan cepat, tetapi karena
ketakutan, sang Tikus malah berlari di atas hidung sang Singa yang sedang
tidur.
Sang Singa menjadi
terbangun dan dengan sangat marah menangkap makhluk kecil itu dengan cakarnya
yang sangat besar.
"Ampuni
saya!" kata sang Tikus. "Tolong lepaskan saya dan suatu saat nanti
saya akan membalas kebaikanmu."
Singa menjadi tertawa
dan merasa lucu saat berpikir bahwa seekor tikus kecil akan dapat membantunya.
Tetapi dengan baik hati, akhirnya singa tersebut melepaskan tikus kecil
itu.
Suatu hari, ketika
sang Singa mengintai mangsanya di dalam hutan, sang Singa tertangkap oleh jala
yang ditebarkan oleh pemburu. Karena tidak dapat membebaskan dirinya sendiri,
sang Singa mengaum dengan marah ke seluruh hutan. Saat itu sang Tikus yang
pernah dilepaskannya mendengarkan auman itu dan dengan cepat menuju ke arah di
mana sang Singa terjerat pada jala. Sang Tikus kemudian menemukan sang Singa
yang meronta-ronta berusaha membebaskan diri dari jala yang menjeratnya.
Sang Tikus kemudian
berlari ke tali besar yang menahan jala tersebut, dia lalu menggigit tali
tersebut sampai putus hingga akhirnya sang Singa dapat dibebaskan.
"Kamu tertawa
ketika saya berkata akan membalas perbuatan baikmu," kata sang Tikus.
"Sekarang kamu lihat bahwa walaupun kecil, seekor tikus dapat juga
menolong seekor singa."
17. Tahapan komplikasi
pada kutipan fabel tersebut ditandai nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
18.Tahapan koda pada
kutipan fabel tersebut ditandai nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
19.Variasi
pengungkapan pada bagian orientasi (pengenalan) pada kutipan fabel tersebut
adalah ....
A. diawali dengan
deskripsi latar waktu
B. diawali dengan
deskripsi latar masa lalu
C. diawali dengan
kegiatan tokoh
D. diawali dengan
deskripsi latar suasana
20. Pola pengembangan
judul pada kutipan fabel tersebut adalah ....
A. judul dikembangkan
berdasarkan latar cerita
B. judul berasal dari
nama tokoh
C. judul dikembangkan
berdasarkan sifat tokoh
D. judul diambil dari
tema
21. Cermati teks berikut!
(1) Sang mentari
menampakkan diri dengan senyum terindahnya. Nuri bersama sahabat-sahabatnya
bernyanyi riang. (2) Sementara Katak Putih bertepuk tangan dengan ceria. (3)
Sudah terkenal di seluruh hutan bahwa si Nuri dan si Katak Putih bersahabat
karib. (4) Saling menopang dan saling menolong dalam suka dan duka.
Cuplikan cerita fabel
tersebut menunjukkan peristiwa pada siang hari. Kalimat yang berisi latar waktu
siang hari ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Cermati teks berikut untuk
menjawab soal 22 dan 23!
22. Perbedaan
pengembangan watak tokoh pada kedua cuplikan fabel tersebut adalah watak tokoh
diketahui melalui ....
23. Perbedaan
penggunaan bahasa pada kedua cuplikan fabel tersebut adalah ....
24.Cermati teks
berikut!
Musim panas yang
membuatnya(1) ceria sudah akan berganti(2) ke musim dingin, di mana hujan(3)
akan turun dengan lebat(4) disertai suhu udara yang sangat rendah(5).
Kata sifat pada
kalimat tersebut ditandai nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
Cermati teks berikut
untuk menjawab soal nomor 25 dan 26!
(1) Merpati merasa
jatah jagungnya lebih sedikit dibandingkan dengan Tekukur. (2) Merpati
menganggap pemiliknya sudah tak menyayanginya lagi. (3) “Oh, ternyata pemilikku
lebih sayang Tekukur,” keluh Merpati. (4) Didalam kandangnya ia selalu
murung.
25. Kalimat yang
berisi kata seru ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
26. Penulisan kata
depan yang salah terdapat pada kalimat bernomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
27. Cermati teks
berikut!
....
Rencananya, liburan
aku akan main ke Indramayu dan berharap kita bisa bermain bersama dengan
teman-teman sekelas. Aku juga sudah kangen masakan ibumu, pindang gombyang. Oh
ya, sekian dulu surat dariku. Aku sangat berharap balasan darimu. Terima kasih
dan sampai jumpa.
....
Teks tersebut termasuk
cuplikan surat pribadi karena ....
A. berkaitan dengan
masalah kedinasan
B. berkaitan dengan
keperluan yang bersifat resmi
C. melibatkan instansi
tertentu
D. ditulis oleh
seseorang atas nama individu
28. Cermati teks
berikut!
Kepada
Yth. Kepala Dinas
Pendidikan Pemuda dan Olahraga
Kabupaten Indramayu
Dengan hormat,
Kami beritahukan bahwa
dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, SMP Wiralodra menyelenggarakan
lomba futsal tingkat SD se-Kabupaten Indramayu. Kegiatan tersebut akan
dilaksanakan pada
....
Teks tersebut termasuk
cuplikan surat dinas karena ....
A. berkaitan dengan
masalah kedinasan
B. berkaitan dengan
keperluan yang bersifat pribadi
C. menggunakan bahasa
yang akrab
D. ditulis oleh
seseorang atas nama individu
Cermati teks berikut
untuk menjawab soal nomor 29 dan 30!
29. Perbedaan isi
kedua cuplikan surat pribadi tersebut adalah ....
30.Persamaan
penggunaan bahasa yang digunakan kedua cuplikan surat pribadi tersebut adalah
....
A. menggunakan bahasa
formal
B. terdapat
pribahasa
C. terdapat kata-kata
asing
D. menggunakan
ungkapan perasaan
SILAKAN TULISKAN JAWABAN DI BAWAH!
1.
… 11.
… 21.
…
2.
… 12.
… 22. …
3.
… 13.
… 23.
…
4.
… 14.
… 24.
…
5.
… 15.
… 25.
…
6.
… 16.
… 26.
…
7.
… 17.
… 27.
…
8.
… 18. … 28.
…
9.
… 19. … 29.
…
10.
… 20.
… 30.
…
Comments
Post a Comment