TUGAS BAHASA INDONESIA KELAS 7




TUGAS BAHASA INDONESIA
KELAS 7
NAMA SISWA: ……………………………………….. (SILAKAN DIISI)

JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT DENGAN TEPAT!
1. Cermati teks berikut!

2. Cermati teks berikut!
(1) Jika kita makan petai
Jangan lupa makan kerupuk
Jika kita ingin pandai
Ranjin-rajinlah membaca buku

(2) Siapa menggemari silang sengketa
Kelaknya pasti berduka cita 

(3) Janganlah engkau berbuat maksiat
 Janganlah engkau berbuat jahat
 Segeralah engkau bertaubat
 Agar selamat dunia akhirat

(4) Barang sipa meninggalkan zakat
Tiadalah hartanya yang beroleh berkat
Puisi yang termasuk gurindam ditandai dengan nomor ....
A. (1) dan (2) 
B. (1) dan (3) 
C. (2) dan (3) 
D. (2) dan (4)

3. Cermati teks berikut!
(1) Burung dara jatuh dari sarangnya
(2) Ikan lele tak punya sisik
(3) Jika kau tulus mencintainya
(4) Jagalah dia dengan baik
Larik isi pada pantun tersebut ditandai nomor ....
A. (1) dan (2) 
B. (2) dan (3) 
C. (3) dan (4) 
D. (4) dan (1)

4. Cermati teks berikut!
5. Cermati teks berikut!
Persamaan kedua puisi rakyat tersebut adalah keduanya memiliki ....
A. sajak berpola A-A-A-A   
B. empat larik dalam satu bait  
C. larik yang semuanya merupakan isi
D. dua sampiran dalam satu bait

Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!
Lelah diri mengikuti syahwat
Jalani hidup semakin berat
Jiwa semakin tak terawat
Kian hari hati pun berkarat

6. Kata berima pada syair tersebut adalah ....
A. lelah, mengikuti, hidup, syahwat 
B. kian, semakin, berkarat, berat
C. jalani, semakin, terawat, hati
D. syahwat, berat, terawat, bekarat

7. Makna kata bergaris bawah pada syair tersebut adalah ....
A. tak terkendali
B. baik hati 
C. mudah tersentuh
D. menjadi luluh

Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9!
(1) Hari minggu pergi ke pasar
(2) Beli sayur dan juga beras
(3) Tiap hari rajinlah kau belajar
(4) Pastilah kau menjadi cerdas
8. Pernyataan tepat sesuai dengan struktur makna antarlarik pantun tersebut adalah ....
A. Larik 1 dan 2 dengan larik 3 dan 4 tidak ada hubungan makna.
B. Larik 1 dan 2 memiliki hubungan pertentangan.
C. Larik 3 dan 4 mengungkapkan sebuah permohonan.
D. Larik 4 dan 1 merupakan kalimat majemuk.

9. Kalimat berisi ajakan pada syair tersebut terdapat pada larik bernomor ....
A. (1)  
B. (2)  
C. (3)  
D. (4)

10. Cermati teks berikut!
Orang jahat banyak masalah
Orang baik banyak anugerah
Struktur makna antarlarik gurindam tersebut adalah ....
A. kedua larik tidak memiliki hubungan makna
B. larik 1 merupakan pengantar menuju larik 2
C. kedua larik memiliki hubungan pertentangan
D. larik 1 merupakan syarat menuju larik 2

Cermati teks berikut untuk menjawab pertanyaan soal nomor 11 dan 12!
(1) Meski sudah uzur, Rahman masih gesit dan cekatan. 
(2) Aktivitas lelaki ini memang sangat luar bisa. 
(3) Begitu bangun pagi, ia sudah memikul cangkul menuju sawahnya  
(4) Ia harus mengayunkan cangkulnya untuk membongkar tanah yang mengeras.
11. Kalimat yang berisi kata penghubung tujuan ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)  
C. (3)  
D. (4)

12. Kalimat tunggal pada teks tersebut adalah ....
A. (1)  
B. (2)  
C. (3)  
D. (4)

Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 13, 14, dan 15!
Pada suatu hari si Rusa berjalan-jalan di pinggir danau. Ia bertemu dengan Kura-kura yang terlihat hanya mondar-mandir saja. 
"Kura-kura, apa yang sedang engkau lakukan di sini?" tanya si Rusa. 
"Aku sedang mencari sumber penghidupan," jawab si Kura-kura. 
"Jangan berlagak engkau, hei Kura-kura! Engkau hanya mondar-mandir saja namun berlagak tengah mencari sumber penghidupan!" 
Si Kura-kura berusaha menjelaskan, namun si Rusa tetap marah. Bahkan, si Rusa mengancam akan menginjak tubuh si Kura-kura. Si Kura-kura yang jengkel akhirnya menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki. 
Si Rusa sangat marah mendengar tantangan si Kura-kura untuk mengadu betis. Ia pun meminta agar si Kura-kura menendang betisnya terlebih dahulu. 
"Tendanglah sekeras-kerasnya, semampu yang engkau bisa lakukan!" tantang si Rusa.
"Jika aku menendang betismu, engkau akan jatuh dan tidak bisa membalas menendangku," balas si Kura-kura.
Si Rusa kian marah mendengar ucapan si Kura-kura. Ia pun menendang dengan kaki depannya sekuat-kuatnya.
....
Si kura-kura bersiaga dan mengambil ancang-ancang di tempat tinggi. Ia lalu menggelindingkan tubuhnya. Ketika hampir tiba di dekat tubuh si Rusa, ia pun menaikkan tubuhnya hingga tubuhnya melayang. Si Kura-kura mengincar hidung si rusa. Begitu kerasnya tempurung si kura-kura mengena hingga hidung si Rusa putus.
13.Alasan yang tepat bahwa teks tersebut termasuk fabel adalah ....
A. berlatar tempat perkotaan  
B. tidak menggunakan kalimat langsung
C. tokoh-tokohnya merupakan binatang 
D. hanya bertujuan menghibur pembaca

14.Peristiwa yang menunjukkan konflik pada kutipan fabel tersebut adalah ...
A. Si Rusa dan si Kura-kura terlibat pertarungan mengadu betis. 
B. Si Rusa marah karena tersinggung dengan jawaban si Kura-kura.
C. Si Kura-kura tidak mau melayani tantangan si Rusa.
D. Si Kura-kura berhasil mematahkan hidung si Rusa.

15. Peristiwa yang menunjukkan penyebab terjadi konflik pada kutipan fabel tersebut adalah ...
A. Si Rusa dan si Kura-kura terlibat pertarungan mengadu betis. 
B. Si Rusa marah karena tersinggung dengan jawaban si Kura-kura.
C. Si Kura-kura tidak mau melayani tantangan si Rusa.
D. Si Kura-kura berhasil mematahkan hidung si Rusa.

16. Peristiwa yang menunjukkan akibat terjadi konflik pada kutipan fabel tersebut adalah ...
A. Si Rusa dan si Kura-kura terlibat pertarungan mengadu betis. 
B. Si Rusa marah karena tersinggung dengan jawaban si Kura-kura.
C. Si Kura-kura tidak mau melayani tantangan si Rusa.
D. Si Kura-kura berhasil mematahkan hidung si Rusa.

Cermati bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 17, 18, dan 19!

Singa dan Seekor Tikus
Seekor singa sedang tidur dengan lelap di dalam hutan, dengan kepalanya yang besar bersandar pada telapak kakinya. Seekor tikus kecil secara tidak sengaja berjalan di dekatnya, dan setelah tikus itu sadar bahwa dia berjalan di depan seekor singa yang tertidur, sang Tikus menjadi ketakutan dan berlari dengan cepat, tetapi karena ketakutan, sang Tikus malah berlari di atas hidung sang Singa yang sedang tidur. 
Sang Singa menjadi terbangun dan dengan sangat marah menangkap makhluk kecil itu dengan cakarnya yang sangat besar. 
"Ampuni saya!" kata sang Tikus. "Tolong lepaskan saya dan suatu saat nanti saya akan membalas kebaikanmu." 
Singa menjadi tertawa dan merasa lucu saat berpikir bahwa seekor tikus kecil akan dapat membantunya. Tetapi dengan baik hati, akhirnya singa tersebut melepaskan tikus kecil itu. 
Suatu hari, ketika sang Singa mengintai mangsanya di dalam hutan, sang Singa tertangkap oleh jala yang ditebarkan oleh pemburu. Karena tidak dapat membebaskan dirinya sendiri, sang Singa mengaum dengan marah ke seluruh hutan. Saat itu sang Tikus yang pernah dilepaskannya mendengarkan auman itu dan dengan cepat menuju ke arah di mana sang Singa terjerat pada jala. Sang Tikus kemudian menemukan sang Singa yang meronta-ronta berusaha membebaskan diri dari jala yang menjeratnya.
Sang Tikus kemudian berlari ke tali besar yang menahan jala tersebut, dia lalu menggigit tali tersebut sampai putus hingga akhirnya sang Singa dapat dibebaskan. 
"Kamu tertawa ketika saya berkata akan membalas perbuatan baikmu," kata sang Tikus. "Sekarang kamu lihat bahwa walaupun kecil, seekor tikus dapat juga menolong seekor singa."

17. Tahapan komplikasi pada kutipan fabel tersebut ditandai nomor …. 
A. (1)  
B. (2)  
C. (3)  
D. (4)

18.Tahapan koda pada kutipan fabel tersebut ditandai nomor ….
A. (1)  
B. (2)  
C. (3)  
D. (4)

19.Variasi pengungkapan pada bagian orientasi (pengenalan) pada kutipan fabel tersebut adalah ....
A. diawali dengan deskripsi latar waktu
B. diawali dengan deskripsi latar masa lalu 
C. diawali dengan kegiatan tokoh
D. diawali dengan deskripsi latar suasana

20. Pola pengembangan judul pada kutipan fabel tersebut adalah ....
A. judul dikembangkan berdasarkan latar cerita 
B. judul berasal dari nama tokoh 
C. judul dikembangkan berdasarkan sifat tokoh
D. judul diambil dari tema 

21. Cermati teks berikut!
(1) Sang mentari menampakkan diri dengan senyum terindahnya. Nuri bersama sahabat-sahabatnya bernyanyi riang. (2) Sementara Katak Putih bertepuk tangan dengan ceria. (3) Sudah terkenal di seluruh hutan bahwa si Nuri dan si Katak Putih bersahabat karib. (4) Saling menopang dan saling menolong dalam suka dan duka.
Cuplikan cerita fabel tersebut menunjukkan peristiwa pada siang hari. Kalimat yang berisi latar waktu siang hari ditandai nomor ....
A. (1)  
B. (2)  
C. (3)  
D. (4)

Cermati teks berikut untuk menjawab soal 22 dan 23!
22. Perbedaan pengembangan watak tokoh pada kedua cuplikan fabel tersebut adalah watak tokoh diketahui melalui ....

23. Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua cuplikan fabel tersebut adalah ....

24.Cermati teks berikut!
Musim panas yang membuatnya(1) ceria sudah akan berganti(2) ke musim dingin, di mana hujan(3) akan turun dengan lebat(4) disertai suhu udara yang sangat rendah(5).
Kata sifat pada kalimat tersebut ditandai nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)

Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 25 dan 26!
(1) Merpati merasa jatah jagungnya lebih sedikit dibandingkan dengan Tekukur. (2) Merpati menganggap pemiliknya sudah tak menyayanginya lagi. (3) “Oh, ternyata pemilikku lebih sayang Tekukur,” keluh Merpati. (4) Didalam kandangnya ia selalu murung. 
25. Kalimat yang berisi kata seru ditandai nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

26. Penulisan kata depan yang salah terdapat pada kalimat bernomor .... 
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

27. Cermati teks berikut!
....
Rencananya, liburan aku akan main ke Indramayu dan berharap kita bisa bermain bersama dengan teman-teman sekelas. Aku juga sudah kangen masakan ibumu, pindang gombyang. Oh ya, sekian dulu surat dariku. Aku sangat berharap balasan darimu. Terima kasih dan sampai jumpa.
....
Teks tersebut termasuk cuplikan surat pribadi karena ....
A. berkaitan dengan masalah kedinasan
B. berkaitan dengan keperluan yang bersifat resmi 
C. melibatkan instansi tertentu
D. ditulis oleh seseorang atas nama individu

28. Cermati teks berikut!
Kepada 
Yth. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga
Kabupaten Indramayu

Dengan hormat,
Kami beritahukan bahwa dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, SMP Wiralodra menyelenggarakan lomba futsal tingkat SD se-Kabupaten Indramayu. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada 
....
Teks tersebut termasuk cuplikan surat dinas karena ....
A. berkaitan dengan masalah kedinasan
B. berkaitan dengan keperluan yang bersifat pribadi
C. menggunakan bahasa yang akrab 
D. ditulis oleh seseorang atas nama individu

Cermati teks berikut untuk menjawab soal nomor 29 dan 30!
29. Perbedaan isi kedua cuplikan surat pribadi tersebut adalah ....
30.Persamaan penggunaan bahasa yang digunakan kedua cuplikan surat pribadi tersebut adalah ....
A. menggunakan bahasa formal
B. terdapat  pribahasa 
C. terdapat kata-kata asing
D. menggunakan ungkapan perasaan



SILAKAN TULISKAN JAWABAN DI BAWAH!
1.                                     11. …                                       21. …
2.                                     12. …                                       22. 
3.                                     13. …                                       23. …
4.                                     14. …                                       24. …
5.                                     15. …                                       25. …
6.                                     16. …                                       26. …
7.                                     17. …                                       27. …
8.                                     18.                                        28. …
9.                                     19.                                        29. …
10.                                  20. …                                       30. …






Comments

Popular Posts